Untuk Pemesanan Silahkan Hubungi Agen Kami
Agen Resmi De Nature Indonesia

Grosir Pusat Obat Herbal Denature Indonesia

Pengertian Kanker Testis Atau Kanker Buah Zakar

Kanker Testis – Dalam artikel yang saya buat kaliinih saya akan menjelaskan tentang jenis penyakit kanker yang hanya di derita oleh para pria atau laki-laki saja yaitu kanker testis. Jenis kanker inih hanya terjadi pada pria saja tetapi kanker inih termasuk kedalam kanker yang sangat berbahaya bagi para pria.

Penjelasan Kanker Testis

Berikut inih penjelasannya tentang kanker testis atau yang sering di sebut juga kanker buah zakar. Kanker testis adalah jenis kanker yang terjadi atau menyerang pada saat sel-sel mulai tumbuh secara abnormal pada bagian testis atau buah zakar tersebut.

Kanker Testis

Kanker Testis

Kanker testis termasuk kedalam jenis kanker yang cukup langka dan jarang di alami, tetapi jenis kanker inih paling seri menjangkit pria dewasa yang berusia 15-49 tahun. Testis adalah organ seks pria yang berbentuk oval yang berada di dalam skrotum atau kantong kemaluan.

Testis adalah bagian penting dalam sistem reproduksi pria karena organ inilah yang menghasilkan hormon testosteron dan sperma. Kedua produk dari testis ini memiliki peran yang vital dalam perkembangan dan fungsi seksual seorang pria.

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis kanker testis yang dikelompokkan berdasarkan jenis sel kanker, yaitu:

  • Kanker testis sel nutfah (Germ Cell). Jenis dari kanker testis yang paling umum., sekitar 95 % dari semua kasus yang sudah ada. Sel nutfah adalah jenis sel yang digunakan tubuh untuk membentuk sperma. Kanker testis jenis ini terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu seminoma (pertumbuhan dan penyebaran lambat) dan nonseminoma (pertumbuhan dan penyebaran cepat).
  • Limfoma. Jenis kanker yang muncul sekitar 4 % dari keseluruhan kasus testis yang muncul.
  • Tumor sel Leydig. Jenis kanker yang muncul sekitar 1-3 % dari seluruh kasus kanker testis.
  • Tumor sel Sertoli. Jenis kanker yang muncul sekitar 1 % dari seluruh kasus kanker testis.

Gejala Pada Kanker Testis

Berikut ini adalah gejala-gejala yang umum terjadi terkait dengan kanker testis, yaitu:

  • Benjolan atau pembengkakan di salah satu testis. Ini merupakan gejala yang paling umum terjadi akibat kanker testis. Benjolan dan pembengkakan bisa dengan atau tanpa disertai nyeri.
  • Rasa sakit yang tajam ataupun rasa pegal pada bagian testis dan skrotum. Rasa ini bisa datang dan pergi.
  • Skrotum Anda akan terasa berat.
  • Anda akan merasa kelelahan dan badan menjadi terasa tidak sehat.
  • Penimbunan cairan yang terjadi di dalam skrotum.

Meski kebanyakan benjolan dan pembengkakan pada bagian testis belum tentu dianggap sebagai pertanda kanker testis, tetapi kondisi ini harus diwaspadai. Segera periksakan diri anda untuk memastikan apakah benjolan tersebut adalah kanker testis atau bukan.

Benjolan pada bagian testis, tetapi pada sebagian besar kasus diakibatkan oleh pembengkakan pembuluh darah atau varicocele. Tapi jika benjolan atau pembengkakan tersebut sungguh disebabkan oleh kanker, penanganan sejakdini bisa meningkatkan kemungkinan sembuhannya.

Penyebaran kanker yang terjadi ke bagian tubuh yang lain, yang juga dikenal dengan istilah metastatis, bisa juga terjadi pada jenis kanker testis. Apabila kondisi ini sudah terjadi, maka gejala-gejala lainnya juga akan segera muncul.

Biasanya, kanker testis akan menyebar ke kelenjar getah bening (kelenjar yang menghasilkan sistem kekebalan tubuh) di sekitarnya, lalu bisa menyebar ke abdomen atau perut dan paru-paru. Tapi kanker ini juga bisa menyebar ke organ seperti hati, tulang, dan otak, meski jarang sekali terjadi.

Gejala dari kanker yang telah bermetastasis (sudah menyebar) antara lain:

  1. Batuk yang berlangsung cukup lama.
  2. Batuk mengeluarkan darah.
  3. Pembengkakan atau pembesaran pada bagian dada pria.
  4. Sakit punggung di bagian bawah.
  5. Benjolan atau pembengkakan pada bagian leher.
  6. Rasa sesak napas.

Penyebab Dari Kanker Testis

Pada kebanyakan kasus yang di alami penderita kanker testis, Penyakit kanker testis tidak memiliki penyebab yang jelas atau penyebab pastinya belum di ketahui. Kanker testis terjadi karena sel-sel yang ada di dalam testis berkembang secara abnormal.

Sehingga sel-sel yang ada pada tumbuh menjadi tidak bisa dikendalikan. Selanjutnya akan menjadi terus berkembang di luar kendali, meskipun tubuh sudah tidak membutuhkan lagih sel-sel baru. Meski belum diketahui dengan jelas penyebab dari kanker testis tersebut.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang menjadi mengalami kanker testis:

  • Testis tidak turun (kriptorkismus). Testis dibentuk di abdomen dan biasanya turun ke dalam bagian skrotum setelah bayi laki-laki dilahirkan atau pada setahun pertama hidupnya. Pada kasus anomali, testis tidak turun. Istilah medis untuk kondisi ini adalah undescended testicle atau kriptorkismus. Penanganan yang bisa dilakukan adalah prosedur operasi. Jika operasi dilakukan sebelum sang anak berusia 13 tahun, maka kemungkinan bagi dirinya untuk mengalami kanker testis akan meningkat kembali hingga dua kali lipat. Namun, bila operasi dilakukan setelah usia 13 tahun, risikonya meningkat lima kali dibanding populasi normal.
  • Pernah menderita kanker testis. Bagi pria yang sudah pernah mengalami kanker testis disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan lanjutan setelah pengobatan. Mereka 12 kali lipat lebih berisiko untuk mengalaminya lagi pada sisi testis yang lain.
  • Riwayat kesehatan keluarga. Jika terdapat anggota keluarga, seperti ayah maupun saudara kandung laki-laki yang mengalami kanker testis, maka peluang Anda mengalami kondisi ini juga akan meningkat.
  • Usia. Kanker testis lebih cenderung terjadi pada usia 15-49 tahun dengan kasus yang terbanyak terjadi pada pria usia 30-34 tahun. Meski begitu, tetap tidak menutup kemungkinan untuk muncul pada usia berapa pun.
  • Ras. Kanker testis lebih cenderung terjadi pada pria kulit putih daripada kulit hitam.
  • Merokok. Orang yang merokok secara aktif dalam jangka waktu yang lama berisiko dua kali lipat menderita kanker testis.
  • HIV dan AIDS. Penderita kondisi yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia ini juga rentan mengalami kanker testis.
  • Tinggi badan. Berdasar penelitian pada tahun 2008, tinggi badan seorang pria berpengaruh terhadap peluang seseorang mengalami kanker testis. Makin tinggi seorang pria, maka peluangnya mengalami kanker testis makin besar dan sebaliknya juga. Berdasarkan penelitian tersebut, kaitan antara tinggi badan dengan risiko terkena kanker dapat dilatarbelakangi oleh faktor makanan yang dikonsumsi. Anak berbadan tinggi mungkin lebih banyak makanan tinggi kalori saat masa pertumbuhan, terdapat kemungkinan efek samping dari makanan ini akan meningkatkan risiko terkena kanker testis.
  • Pertumbuhan testis yang abnormal. Kondisi seperti sindrom Klinefelter bisa menyebabkan testis tidak bisa berkembang secara normal dan meningkatkan risiko Anda mengalami kanker testis.

Stadium Pada Kanker Testis

Sistem tahapan pada kanker testis yang terbagi menjadi empat stadium, yaitu:

  1. Stadium 1. Kanker masih di dalam testis saja.
  2. Stadium 2. Kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening di perut dan panggul.
  3. Pada Stadium 3. Kanker menyebar ke kelenjar getah bening di dada bagian atas.
  4. Stadium 4. Kanker sudah menyebar ke organ lain, seperti paru-paru.

Berikut Penjelasan yang saya berikan tentang kanker testis, semoga dapat membantu anda dalam penyembuhan. Dan semoga artikel yang saya buat inih dapat bermanfaat bagi anda. Trimakasih

Cara Menyembuhakan Kanker Testis

<< OBAT KANKER TESTIS >>

KUNJUNGI JUGA

{{WWW.GROSIROBATDENATURE.COM}}

Peluang Bisnis Online Tanpa Modal >>> Klik Disini
Related Posts
Pengertian Penyakit Kanker Buah Zakar
Dalam artikel yang saya buat kaliinih saya akan menjelaskan tentang...
Cara Mencegah Penyakit Kanker dengan Tepat dan Mudah
Cara Mencegah Penyakit Kanker dengan Tepat dan Mudah _ Puru ayal atau...
Manfaat Daun Sirsak Penyembuh Kanker
Pengertian Kanker Apakah Benar Manfaat Daun Sirsak Penyembuh Kanker...
Beberapa Penyebab Penyakit Kanker
Beberapa Penyebab Penyakit Kanker _ Ada lebih dari 100 jenis kanker...
Alternatif Cara Untuk Mengobati Kanker Secara Alami
Alternatif Cara Untuk Mengobati Kanker Secara Alami _ Ada lebih dari...
Manfaat Sirsak Sebagai Anti Kanker
Manfaat Sirsak Sebagai Anti Kanker  _ Cara terbaik menangani kanker...
Tanaman Obat Herbal Kanker Payudara
Tanaman Obat Herbal Kanker Payudara _ Jika anda mengalami perbedaan...
Gejala Kanker Payudara Pada Wanita
Gejala Kanker Payudara Pada Wanita _ Kanker payudara merupakan momok...
Mengatasi Kanker Payudara Tanpa Operasi
Mengatasi Kanker Payudara Tanpa Operasi _ Kanker payudara adalah...
© 2015 - Agen Resmi DE NATURE INDONESIA All Rights Reserved