Untuk Pemesanan Silahkan Hubungi Agen Kami
Agen Resmi De Nature Indonesia

Grosir Pusat Obat Herbal Denature Indonesia

Kenapa Penyakit Kelainan Katup Jantung Bisa Terjadi

Pada artikel yang akan saya buat kaliini, saya akan membahas tentang salah satu jenis penyakit yang terjadi pada bagian jantung. Penyakit tersebut adalah penyakit kelainan katup jantung. Banyak dari sebagian orang belum mengenal penyakit tersebut, orang-orang hanya mengenal penyakit katup jantung sebagai penyakit jantung, pada dasarnya penyakit katup jantung dan penyakit jantung ituh berbeda.

Meskipun kedua penyakit tersebut ituh berbeda, tetapi penyakit tersebut sama-sama berbahayanya. Berikut saya akan menerangkannya untuk anda tentang penyakit katup jantung tersebut, beserta seperti apa gejalanya, dan apa penyebabnya. Saya juga akan memberikan tipsnya untuk anda tentang bagaimana caranya menyembuhkan penyakit katup jantung tersebut. Berikut penjelasannya:

Pengertian Penyakit Katup Jantung

Katup jantung atau yang sering di sebut juga klep jantung adalah istilah yang menyerupai gerbang atau pintu satu arah, yang terdapat pada jantung, tepatnya di antara empat ruangan pada jantung dan pembuluh darah. Katup jantung berfungsi menjaga aliran darah yang berasal dari seluruh tubuh yang berada di dalam jantung maupun yang keluar dari jantung berjalan dengan benar.

Terdapat empat katup jantung, yang masing-masing terletak:

  • Di antara serambi (atrium) kanan dengan bilik (ventrikel) kanan, bernama katup trikuspid.
  • Di antara serambi kiri dengan bilik kiri, bernama katup mitral.
  • Di antara bilik kanan dengan arteri pulmonaris (pembuluh yang membawa darah menuju paru-paru untuk memperoleh oksigen), bernama katup pulmonal.
  • Di antara bilik kiri dengan aorta (pembuluh yang membawa darah berisi oksigen dari jantung ke seluruh tubuh), bernama katup aorta.

Penyakit katup jantung adalah jenis penyakit yang muncul akibat adanya kelainan atau gangguan pada bagian salah satu atau lebih dari keempat katup jantung di atas. Sehingga aliran darah menjadi sulit mengalir ke ruangan atau pembuluh darah selanjutnya, atau sebagian aliran berbalik ke area sebelumnya.

Penyebab Penyakit Katup Jantung

Katup jantung bekerja tiap kali jantung manusia berdetak. Katup mitral dan katup trikuspid terbuka bersamaan dengan darah yang mengalir masuk ke dalam bilik jantung, kemudian kedua katup menutup kembali. Bilik jantung kemudian memompa darah keluar melalui katup pulmonal dan aorta yang kemudian menutup setelah darah keluar dari kedua bilik jantung. Mekanisme yang berulang ini dapat terganggu ketika katup jantung tidak dapat bekerja dengan baik.

Ada dua jenis gangguan utama pada katup jantung yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti gagal jantung, yaitu

  • Stenosis katup jantung: gangguan ini terjadi ketika katup jantung tidak dapat terbuka dengan baik akibat katup yang menjadi kaku, menebal, atau saling menempel. Kondisi ini membuat darah tidak dapat mengalir ke ruangan selanjutnya atau seluruh tubuh yang kemudian memicu berbagai macam gejala penyakit jantung pada penderitanya. Keadaan ini dapat terjadi pada keempat katup jantung sehingga penyakitnya dinamakan mengikuti nama katup jantung yang terkena gangguan, seperti stenosis katup trikuspid.
  • Insufisiensi katup jantung: atau regurgitasi, umumnya dikenal dengan istilah katup jantung bocor, adalah kondisi katup jantung yang tidak dapat menutup dengan baik atau tidak kembali ke posisi semula. Kondisi ini membuat darah mengalir kembali ke ruangan jantung sebelumnya sehingga mengakibatkan berkurangnya jumlah darah yang dialirkan ke seluruh tubuh. Keadaan ini juga dapat terjadi pada keempat katup jantung seperti halnya pada gangguan stenosis katup jantung yang dapat memicu kerusakan otot jantung.

Beberapa penyebab munculnya penyakit katup jantung pada seseorang penderita terkadang tidak dapat diketahui atau tidak dapat terlihat, dan terkadang merupakan akibat dari penyakit lain, seperti sifilis, penyakit jaringan ikat, tekanan darah tinggi, kardiomiopati, serangan jantung, penyakit arteri koroner, tumor, radiasi, obat-obatan tertentu, dan aneurisma aorta.

Penyebab lain yang termasuk kelainan pada katup jantung adalah penyakit bawaan, yaitu penyakit katup jantung kongenital. Pada kondisi ini katup dapat memiliki bentuk dan ukuran daun katup yang tidak normal, ataupun tidak menempel dengan benar. Pada bicuspid aortic valve disease, jumlah daun katup jantung hanya terdiri dari dua katup dan bukannya ada tiga. Kondisi ini mengakibatkan katup tidak dapat membuka atau menutup dengan baik.

Selain itu, penyakit katup jantung dapat disebabkan oleh:

  • Rheumatic Fever: yaitu infeksi bakteri pada katup jantung yang menyebabkan peradangan dan umumnya menyerang anak-anak.
    endocarditis. Kondisi ini dapat menyebabkan lubang pada katup jantung dan jaringan parut yang disebabkan oleh bakteri.
  • Endocarditis: disebabkan oleh masuknya bakteri ke dalam aliran darah, umumnya masuk melalui prosedur operasi, prosedur pemeriksaan gigi, infeksi berat, dan penyalahgunaan obat melalui metode suntikan.

Ada pula kondisi yang dinamakan mitral valve prolapse (MVP), yaitu salah satu kelainan paling umum yang terjadi pada katup jantung. Yang menyebabkan kebocoran pada katup serta jaringan yang menjadi renggang dan longgar. Kondisi ini terkait dengan riwayat keluarga atau terkait dengan penyakit jaringan ikat. Pada kondisi ini katup jantung menjadi mudah terhempas ke serambi kiri ketika jantung berkontraksi. Pada sebagian besar kasus, tidak membutuhkan penanganan yang khusus.

Gejala Pada Penyakit Katup Jantung

Katup jantung berperan menjaga kelancaran aliran darah di dalam jantung. Makin lebar maupun makin sempitnya celah antara katup dapat meningkatkan tekanan pada jantung yang berarti harus memompa lebih kuat. Kondisi ini menimbulkan gejala-gejala yang harus diwaspadai seperti:

  • Kesulitan pada saat mengambil napas.
  • Tekanan yang terjadi pada bagian dada terutama saat sedang beraktivitas.
  • Pusing, yang muncul secara tiba-tiba.
  • Kelelahan pada saat beraktifitas.
  • Detak jantung yang tidak beraturan atau tidak normal.
  • Penambahan pada berat badan.
  • Pingsan.
  • Edema (pembengkakan berlebih di bagian kaki, daerah perut, atau pergelangan kaki sebagai akibat tersumbatnya cairan).

Periksakan segera jika Anda mengalami gejala serupa untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang sesuai. Gejala yang dirasakan dapat menunjukkan jenis gangguan yang dialami jantung ataupun sebaliknya sehingga penting untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Demikianlah informasi yang saya berikan tentang penyakit katup jantung, semoga dapat bermanfaat bagi anda, dan semoga dapat membantu anda dalam melakukan masa penyembuhan. Sedangan untuk pengobatannya bisa anda lihat di artikel di bawah inih⇓⇓⇓. Trimakasih

Bagaimana Caranya Mengobati Penyakit Katup Jantung

*{ OBAT PENYAKIT KATUP JANTUNG }*

KUNJUNGI JUGA

⇒{ WWW.GROSIROBATDENATURE.COM }⇐

Leave your comment here:

Peluang Bisnis Online Tanpa Modal >>> Klik Disini
Related Posts
Obat Luka Lecet dan Gatal Pada Selangkangan Pada Pria dan Wanita
Obat Luka Lecet dan Gatal Pada Selangkangan Pada Pria dan Wanita _...
Mengobati Rasa Gatal dan Lecet Pada Selangkangan dengan Mudah
Mengobati Rasa Gatal dan Lecet Pada Selangkangan dengan Mudah _...
Penyakit Gatal-gatal Pada Selangkangan Yang Mengganggu
Penyakit Gatal-gatal Pada Selangkangan Yang Mengganggu _ Umumnya...
Mengenal Penyakit Diabetes Melitus Lebih Dalam
Mengenal Penyakit Diabetes Melitus Lebih Dalam _ Diabetes melitus...
Obat Tradisional untuk Kadar Gula Berlebih dalam Tubuh
Obat Tradisional untuk Kadar Gula Berlebih dalam Tubuh _ Penyakit...
Ciri Ciri Dari Penyakit Stroke Yang Mudah Di Pahami
Pada artikel yang akan saya buat kali inih, saya akan membahas...
Ruam Gatal dan Lecet Pada Selangkangan
Ruam Gatal dan Lecet Pada Selangkangan _ Gatal-gatal pada...
Penyebab Dari Penyakit Diabetes Melitus Yang Bisa Terjadi
Penyakit Diabetes Melitus - Pada artikel yang akan saya buat kali...
...
© 2015 - Agen Resmi DE NATURE INDONESIA All Rights Reserved